Jetis, Selasa (3/11/2020) Telah berlangsung kegiatan pelantikan dan serah terima jabatan pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah ( OSIM ) dan Majelis Perwakilan Kelas ( MPK ) masa bakti 2019/2020 ke pengurus OSIM dan MPK masa bakti 2020/2021,melalui dua cara yakni pelantikan langsung dan via zoom meeting. Kegiatan yang berlangsung dengan khidmat ini dilaksanakan pada hari Selasa 3 November 2020 dan dipimpin langsung oleh Ibu Nuurun Nahdiyyah KY, M.Pd.I selaku kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo dan seluruh jajaran wakasek MTsN 1 Ponorogo. Dalam sambutannya, Ibu Nuruun menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus OSIM-MPK masa bakti 2019/2020 atas segala jerih payah, kerja kerasnya selama satu tahun periode kepengurusan di MTsN 1 Ponorogo.

Organisasi Siswa Intra Madrasah ( OSIM ) merupakan suatu organisasi yang berada di tingkat Madrasah di Indonesia. OSIM adalah satu-satunya organisasi siswa yang resmi di madrasah. Oleh karena itu, setiap madrasah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM), yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan organisasi kesiswaan di madrasah lain dan tidak menjadi bagian atau alat dari organisasi lain yang ada di luar madrasah.

Pada tahun 2020 ini, sistem penerimaan anggota OSIM berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yakni digelar secara daring ( dalam jaringan ) mengingat masa pandemic covid-19 yang mengharuskan seluruh kegiatan dilaksanakan dengan online. Untuk pemilihan ketua OSIM dengan menggunakan E-Vote pada Rabu lalu  (23/9/2020). Tercatat sebanyak 704 pemilih dari 930 daftar pemilih tetap menggunakan hak pilihnya dalam Pemilos tahun ini.

Kepala Madrasah, Ibu Nuurun Nahdiyyah KY, M.Pd.I dan seluruh dewan guru beserta karyawan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo berharap OSIM dan MPK di bawah kepemimpinan Dhika Ayu Octaviani-Ayyisha Asrina mampu memunculkan ide baru dan kreatif demi kemajuan organisasi dan madrasah. “Bahwa menggerakkan roda organisasi membutuhkan adanya kekompakan antara satu dengan yang lainnya.” Tegas Ibu Nuurun.

“Terimakasih banyak atas amanah yang diberikan kepada kami. Kami berharap bisa mengemban amanah yang diberikan ini dengan sebaik-baiknya.” Ujar Dhika Ayu Octaviani selaku ketua OSIM masa bakti 2020/2021.

Didalam pengabdian tidak ada istilah pengorbanan, melainkan penghormatan atas amanah yang diberikan.

 

Penulis : Ulfa Khoirothun Nisa’

Editor : Yulik Sulistiara Prabawati