Rabu (02/12/2020) Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung di seluruh penjuru dunia tak ubahnya di negara kita tercinta nampaknya bukan menjadi halangan bagi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo untuk tetap menjalankan PAS ( penilaian akhir semester ) ganjil. Namun, ada yang berbeda dengan pelaksanaan PAS tahun ini, mengingat aturan pemerintah yang belum mengizinkan pembelajaran tatap muka dimadrasah maka PAS ( penilaian akhir semester ) dilaksanakan secara online. Kegiatan ini dimulai pada hari Sabtu, 05 Desember 2020 dan akan berakhir pada hari Sabtu 12 Desember 2020 di rumah masing-masing.

Penilaian akhir semester merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang mempresentasikan semua kompetensi dasar pada semester tersebut.

Ketua pelaksana PAS ( penilaian akhir semester ) MTs Negeri 1 Ponorogo mengungkapkan bahwa tujuan di adakannya pas ini untuk mengetahui ketercapaian kompetensi dasar setiap mata pelajaran dalam pembelajaran secara online selama satu semester penuh ini.

Dilansir dari infokom matsapo, dalam prakatanya Ibu Kepala MTs Negeri 1 Ponorogo mengungkapkan bahwa PAS ( penilaian akhir semester ) adalah sebuah alat untuk mengukur sejauh mana upaya anak-anak dalam belajar selama satu semester.

“Ini menjadi hal yang tidak mudah ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, tapi saya sangat optimis, setiap upaya yang dilakukan anak-anak akan berbanding lurus dengan hasil. Lakukan ini dengan sebaik-baiknya. Tetaplah menjadi peserta didik MTs Negeri 1 Ponorogo yang membanggakan dengan tetap mengedepankan nilai kejujuran.” Pesannya dengan penuh semangat.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Pelaksana PAS bapak Supaidi, M.Pd yang ditemui disela-sela kesibukannya mempersiapkan berbagai macam hal yang berkaitan dengan PAS. “Kami mewakili seluruh dewan guru MTs Negeri 1 Ponorogo  dengan dilaksanakannya penilaian akhir semester secara online semoga kemampuan siswa dalam menguasai kompetensi dasar mata pelajaran dapat terukur secara valid, akuntabel, reliable dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.”

PAS ganjil dilaksanakan serentak mulai pukul 07.00 s/d 11.00 WIB menggunakan perangkat berupa laptop atau hp yang dapat terhubung ke jaringan internet. Kemudian, siswa diminta memasukkan username dan password yang sama dengan E-Learning pada alamat akses http://ujin.mtsn1ponorogo.sch.id. Setelah berhasil log in, daftar mata pelajaran yang harus dikerjakan akan muncul pada layar dashboard masing-masing. Siswa juga diminta untuk submit soal ketika mengakhiri ujian agar jawaban dapat tersimpan.

Meskipun PAS dilakukan secara online, namun aktivitas ujian tetap mengutamakan tata tertib. Dimana siwa tetap harus berpakaian rapi dan jujur saat menjalani PAS.

“Saya berusaha belajar dengan sebaik-baiknya, agar dapat mengerjakan PAS dengan baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan.” Ujar Viona, siswa kelas 9A MTs Negeri 1 Ponorogo saat ditanya mengenai kesiapan menghadapi PAS secara online.

 “Semoga pandemi ini segera berakhir, dan kami bisa belajar di madrasah seperti sedia kala.” Katanya dengan penuh harap saat ditemui via whatsapp.

Selamat menjalankan Ibadah PAS Online semester 1 tahun pelajaran 2020-2021 untuk seluruh siswa-siswi MTs Negeri 1 Ponorogo. Kejujuran jauh lebih penting dari sekedar nilai.

Penulis : Ulfa Khoirothun Nisa’

Editor : Yulik Sulistiara Prabawati