BANGUN JIWA KEPEMIMPINAN, MTs NEGERI 1 PONOROGO GELAR LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN ORGANISASI SISWA INTRA MADRASAH ( OSIM )

MJP_0984

Selasa (24/11/2020) Dalam rangka membangun siswa-siswi yang berjiwa pemimpin, MTs Negeri 1 Ponorogo mengadakan latihan dasar kepemimpinan bagi seluruh anggota OSIM dan MPK yang baru saja di lantik pada tanggal 3 November 2020 kemarin. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 24 – 26 November 2020. Acara tersebut dibuka langsung oleh Ibu Nuurun Nahdiyyah KY, M.Pd.I selaku Kepala MTs Negeri 1 Ponorogo bertempat di aula madrasah dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah suatu kegiatan yang dimaksudkan untuk memberikan pelatihan dasar kepemimpinan kepada seluruh pengurus OSIM sebagai bekal untuk menjadi seorang pemimpin masa depan bagi Bangsa, Negara dan Agama. LDKS merupakan pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini diberikan kepada  peserta yang bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan sebelum terjun berorganisasi.

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)  bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada siswa dalam upaya menumbuhkan semangat cinta madrasah, mempersiapkan siswa menjadi pemimpin yang trampil, memiliki passion dan etos kepemimpinan yang baik, membangun kemandirian, rasa percaya diri, tanggung jawab, disiplin, serta menghormati orang lain dan melatih siswa untuk mampu mengelola organisasi dengan baik.

Dalam prakatanya, Ibu Kepala Madrasah berharap seluruh peserta LDK dapat mengikuti kegiatan dengan baik. “jadilah manusia yang sebaik-baiknya manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain, maka kalian ini merupakan orang orang yang terpilih dan di LDKS ini merupakan tempat kalian belajar dan berlatih menjadi pemimpin, sesuai dengan Baginda Rasulluloh Nabi Muhammad SAW” pesan Ibu Nuurun Nahdiyyah KY, M.Pd.I dalam sambutannya saat membuka acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang di ikuti oleh 21 siswa pengurus OSIM dan 10 siswa perwakilan MPK.

Kegiatan yang mengusung tema “Menuju generasi unggul yang kreatif, cerdas dan bertanggung jawab berlandaskan nilai-nilai keislaman yang luhur” ini memberikan berbagai materi kepada seluruh peserta mencakup kepemimpinan dan manajerial organisasi yang di isi oleh Ibu Kepala MTs Negeri 1 Ponorogo, penyusunan proposal dan laporan kegiatan oleh Ibu Yulik Sulistiara P, S.Pd. Peserta juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai UU ITE dan penyimpangan pergaulan remaja yang di sampaikan oleh Bapak Irfan Jauhari, M.Pd.I. selain materi tersebut, mereka juga diberikan materi mengenai literasi modern di era 4.0 yang di mentori oleh Bapak Supaidi, M.Pd dan materi yang mengajak menjadi siswa berprestasi yang unggul dan kompetitif oleh Waka Kesiswaan MTs Negeri 1 Ponorogo Bapak Muh. Khoiruddin S.Pd.I M.Pd.

“Alhamdulillah pelaksanaan LDK OSIM/MPK berjalan dengan baik. Selama 3 hari, pengurus OSIM dan MPK diberi materi kepemimpinan dan keorganisasian sebagai bekal dalam menjalankan tugasnya sebagai penyambung aspirasi siswa-siswi MTs Negeri 1 Ponorogo”. Jelas Pembina OSIM masa bakti 2020/2021, Ibu Dian Kurniawati, S.Pd, M.Sc dalam rilisnya kepada Infokom Matsapo.

“Harapan kami setelah dilaksanakan LDK ini pengurus OSIMdan MPK dapat melaksanakan tupoksi masing-masing bidang dengan baik dan dapat menjadi teladan yang baik bagi siswa-siswi MTsN 1 Ponorogo yang lain baik dalam bidang akademik, non-akademik maupun dalam perilaku sehari-hari.” Tuturnya.

Kegiatan ini ditutup dengan acara games dan outbound yang di bimbing oleh Bapak Taufik Khairani, M.Pd. beserta seluruh Pembina OSIM/MPK pada hari Kamis, 26 November 2020 bertempat di bukit lapang wilayah Waduk Bendo.

Penulis : Ulfa Khoirothun Nisa’

Editor : Yulik Sulistiara Prabawati

Blog Attachment

Leave us a Comment