Dengan peringatan 1 Muharram kita tingkatkan kualitas spiritual dan kepedulian sosial

IMG-20190911-WA0042

Dalam rangka peningkatan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan kepedulian antar sesama umat terutama keluarga besar MTsN 1 Ponorogo, hari ini rabu 11 oktober 2019 bertepatan dengan 11 Muharam 1441 H, MTsN 1 Ponorogo mengadakan peringatan 10 Muharram. Pada bulan Muharram ini memang banyak keistimewaan yang ada. Beberapa amalan di bulan Muharram diantaranya : memperbanyak ibadah di bulan muharram, puasa Asyura’, memperbanyak Amalan Shalih dan menjauhi maksiat, Muhasabah dan instropeksi diri.

Salah satu amalan yang hari ini dilaksanakan dan diterapkan di MTsN 1 Ponorogo adalah memperbanyak amalan shalih yaitu dengan memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu. Mengingat besarnya pahala yang diberikan oleh Allah melebihi bulan selainnya, hendaknya kita perbanyak amalan-amalan ketaatan kepada Allah pada bulan Muharram ini dengan membaca Al-qur’an, berdzikir, shadaqoh, puasa dan lainnya.

MTsN 1 Ponorogo dibawah pimpinan ibu Nuurun Nahdiyyah KY, S.Pd, M.Pd.I yang menjabat sebagai kepala Madrasah di kecamatan Jetis ini sangat aktif dalam  menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan ataupun keagamaan. Termasuk di bulan Muharram kali ini juga mengadakan peringatan dengan mengadakan santunan terhadap anak yatim piatu. Rangkaian acara ini diawali dengan shalat dhuha, yang dilanjutkan dengan tausyiah dari KH Bahrun Nasikin dari Polres Ponorogo.

Dari jumlah peserta didik sekitar 860 siswa siswi ini, di MTsN 1 terdapat 33 peserta didik yang menyandang sebagai anak yatim atau yatim piatu. Kepedulian sesama teman dan bapak ibu guru karyawan MTsN 1 ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada anak-anak yatim bahwa mereka akan merasakan tetap memperoleh perhatian secara utuh sebagaimana teman-teman yang lain.

Nuurun Nahdiyyah dalam pengantarnya menyampaikan : setiap sedekah menciptakan banyak peluang kebaikan, baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan sosialnya. Kebaikan sedekah akan dipantulkan kembali kepada pelakunya. Kita tidak pernah melihat orang jatuh miskin karena sedekah, sebaliknya banyak contoh kasus orang makin berlimpah rizki karena sedekah. Sebagaimana Nabi SAW juga bersabda : “ al shadaqah tadfa’ul bala” ( sedekah itu meredam bencana ).

Kyai Haji Bahrun, dalam tausyiahnya yang bertema “ Peran Generasi Muda dalam Mempertahankan NKRI “ menegaskan Pemuda harapan bangsa harus memiliki Knowledge , Skill ataupun Akhlaqul karimah “ diharapkan sebagai generasi muda semua peserta didik MTsN 1 Ponorogo menjadi pemuda harapan bangsa. Karena sebagai seorang pelajar di MTs itu memiliki nilai plus, selain kalian dapat ilmu secara umum juga mendapatkan ilmu-ilmu agama yang lebih. Dengan demikian selain memiliki ilmu pengetahuan dan ketrampilan, juga akan memiliki akhlak yang baik, yang bisa menjadi contoh dan teladan bagi generasi-genarasi mendatang masa depan bangsa. * Humas MTsN 1 Ponorogo *

Blog Attachment

Leave us a Comment

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum, selamat datang di MTs NEGERI 1 PONOROGO, dengan senang hati kami siap membantu
Powered by