MTSN 1 PONOROGO GELAR RANGKAIAN PERINGATAN HAB KEMENAG KE-75, INDONESIA RUKUN!

20210106_123900_0000

Rabu (05/01/2021) Mengawali tahun baru 2021 dengan semangat menggelora dan dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti ( HAB ) Kementerian Agama RI yang ke-75, MTsN 1 Ponorogo menggelar kegiatan internal dalam bentuk lomba kreativitas siswa dengan berbagai lomba seperti olimpiade mata pelajaran PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan PAI, menulis essay, mendongeng serta literasi digital lewat foto bercerita pada hari Senin, 4 Januari 2021. Seluruh kompetisi diikuti oleh setiap perwakilan kelas dan dilaksanakan secara online dirumah masing-masing. Rangkaian perayaan diakhiri dengan bakti sosial pada hari Selasa, 5 Januari 2021. Bakti sosial sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh MTsN 1 Ponorogo setiap tahun dalam rangka memperingati HAB Kementerian Agama RI sebagai salah satu wujud kepedulian madrasah kepada siswa dan masyarakat sekitar yang membutuhkan. Khususnya pada tahun ini yang terdampak pandemic covid-19. Bakti sosial atau yang lebih dikenal dengan baksos merupakan salah satu kegiatan untuk saling berbagi rasa kemanusiaan antar sesama manusia. Bakti sosial adalah kegiatan yang bertujuan untuk merapatkan kekerabatan anatar sesama manusia.

Dalam kegiatan tersebut, MTsN 1 Ponorogo melalui panitia yakni tim sosial rohani ( sosroh ) dan dibantu oleh OSIM menyalurkan bantuan sosial ( bansos ) berupa 61 paket sembako kepada siswa dan masyarakat sekitar madrasah yang kurang mampu. “Sumber dana yang didapat dari spontanitas tim sosroh, beserta guru dan karyawan MTsN 1 Ponorogo.” Ungkap Ibu Hj. Supri Handayani, S.Ag, M.Pd.I selaku salah satu tim sosial rohani ( sosroh )

Selain rangkaian diatas, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo juga mengadakan berbagai kegiatan peringatan Hari Amal Bakti Kementeria Agama RI, dan tentunya MTsN 1 Ponorogo tidak pernah absen mengikuti. Mulai dari perlombaan cabang olahraga, Sujud syukur, Pembinaan ASN oleh Kakanwil dan Bakti Sosial bekerja sama dengan satker Madrasah. Dalam kegiatan perlombaan cabang, MTsN 1 Ponorogo berhasil meraih juara 3 lomba tenis meja tunggal putri yang diwakili oleh Ibu Hj. Ahjan Saudah, S.Pd.

“Ada 3 hal yang menjadi resolusi pada HAB Kementerian Agama RI ke-75 tahun ini. Pertama, sebagai bentuk muhasabah dengan merenungkan sejauh apa yang sudah kita berikan untuk Kementerian Agama? Kedua, sebagai momentum untuk melakukan motivasi terhadap upaya untuk melakukan perbaikan secara terus menerus, ketiga untuk bersyukur atas karunia yang diberikan Allah.” Tutur Ibu Nuurun Nahdiyyah KY, M.Pd.I Kepala MTsN 1 Ponorogo saat ditemui disela-sela kesibukannya usai kegiatan bakti sosial.

“Ini bukan sekedar ritualitasi, ada sebuah refleksi mendalam salah satunya sebagai wujud syukur yakni dengan membantu sesama, memperbaiki seluruh kualitas layanan karena prinsipnya kita adalah khoodimul ummah ( pelayan umat )”. Lanjutnya.

Dirgahayu Hari Amal Bakti ke-75 Kementerian Agama RI ( 3 Januari 1946 – 3 Januari 2021 ) Indonesia Rukun

Blog Attachment

Leave us a Comment