MTSN 1 PONOROGO GELAR WORKSHOP IMPLEMENTASI AKM DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN DAN STANDAR PENILAIAN

MJP_0406

Selasa (20/10/2020) Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai Assesmen Kompetensi Minimum ( AKM ) bagi tenaga pendidik dan kependidikan, MTsN 1 Ponorogo menggelar workshop Implementasi AKM Dalam Strategi Pembelajaran Dan Standar Penilaian. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari yakni dimulai pada hari Selasa 20 Oktober 2020 dan berakhir pada Jum’at 23 Oktober 2020 di Rumah Makan Sami Lumayan Ponorogo. Workshop ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo, Bapak Syaikhul Hadi, S.Ag. M.Fil.I. dalam prakatanya, beliau menegaskan bahwa workshop ini penting karena salah satu upaya untuk menciptakan SDM tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kualitas yang baik sehingga mampu mengantarkan peserta didik menjadi generasi bangsa yang berkualitas.

Pemerintah telah menetapkan penghapusan Ujian Nasional dan digantikan oleh Assesmen Kompetensi Minimum ( AKM ). Ini merupakan tantangan baru bagi tenaga pendidik karena kedepan AKM akan berpengaruh pada tingkat kredibilitas madrasah. Oleh karena itu, tenaga pendidik harus memahami AKM agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan konten AKM.

Kegiatan workshop ini di isi oleh Widyaiswara Ahli Madya Balai Diklat Keagamaan Surabaya yakni Dr.Darmani, MA. “AKM menjadi penting karena berfungsi untuk memonitoring kompetensi siswa, menilai efektivitas guru dalam pembelajaran, menilai kualitas madrasah dan menilai kualitas pendidikan Indonesia.” Tuturnya. Acara ini memberikan nilai positif bagi guru-guru MTsN 1 Ponorogo. Hal ini terlihat dalam sesi presentasi, sebagian besar guru telah mampu menyusun contoh soal AKM literasi, numerasi dan survey karakter serta mempresentasikan hasilnya dengan baik didepan pemateri workshop.

Materi workshop ini juga berisi mengenai implementasi AKM dalam strategi pembelajaran, implementasi AKM dalam standar penilaian, rencana tindak lanjut implementasi AKM dalam strategi pembelajaran, dan diskusi implementasi AKM dalam strategi pembelajaran dan standar penilaian. Ibu Nuurun Nahdiyyah KY, M.Pd.I selaku Kepala MTsN 1 Ponorogo berharap agar kegiatan ini memberikan pemahaman yang utuh bagi tenaga pendidik dan kependidikan di MTsN 1 Ponorogo mengenai Assesmen Kompetensi Minimum ( AKM ) sehingga dapat membimbing siswa-siswi dalam menghadapi AKM dengan maksimal.

Penulis : Ulfa Khoirothun Nisa’

Editor : Yulik Sulistiara Prabawati

Blog Attachment

Leave us a Comment