MTSN 1 PONOROGO KOMITMEN BERI RUANG UNTUK PARA BINTANG DALAM MTsN 1 COMPETITION 4TH

MJP_0337

 JETIS – Keceriaan terlihat dari ratusan pelajar yang datang membanjiri halaman MTs Negeri 1 Ponorogo sabtu (29/2). Mereka berasal dari berbagai sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah (MI) se-Karisidenan Madiun yang hadir untuk mengikuti ajang tahunan bergengsi Matsapo Competition ke-4 memperebutkan piala bergilir bupati untuk Juara Umum, sertifikat dan uang pembinaan dengan total nilai Rp. 15.000.000,-. Didampingi pembimbing dan guru, para peserta nampak antusias melakukan regristrasi di tenda-tenda panitia. Tercatat 436 peserta dari berbagai wilayah di Ponorogo mengikuti berbagai lomba yang diadakan, diantaranya pemilihan Dai, Tahfidz, Kaligrafi, Tartil, Olympiade MIPA dan Menyanyi. Menurut Kepala MTs Negeri 1 Ponorogo, Nuurun Nahdiyah jumlah tersebut meningkat signifikan dibanding dari pelaksanaan kegiatan serupa tahun sebelumnya, hal ini salah satunya dipicu oleh banyaknya ragam lomba yang dipertandingkan juga tingginya animo masyarakat khususnya para pendidik untuk melihat dari dekat madrasah tsanawiyah negeri terbesar di Ponorogo.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kasi Penma Kantor Kemenag Kab. Ponorogo Siswo Widodo. Dalam sambutannya beliau berpesan untuk senantiasa menjaga seportifitas dalam berlomba agar nantinya muncul bibit-bibit siswa berprestasi di berbagai bidang (sains, seni dan keagamaan). Beliau juga menambahkan supaya perlombaan ini tidak hanya diartikan sebagai kompetisi melainkan sebagai wadah untuk kootisi dari semua sekolah dan madrasah yang terlibat demi kemajuan dan kesuksesan bersama untuk bangsa di masa yang akan datang. Acara pembukaan ditutup dengan do’a oleh Pengawas Madrasah Agus Damanhuri.

Adapun sebaran pemenang Matsapo Competition 4th  tahun ini cukup memuaskan bagi semua perwakilan peserta, hampir semua sekolah atau madrasah mendapatkan juara dan piagam penghargaan. Seperti Tasya Ayla Fadhila siswa SD Muhammadiyah 1 Ponorogo sebagai juara 1 Menyanyi, Ghazy Azka Azhar siswa kelas 6 SD Islam Ar Risalah Slahung mendapatkan juara 1 lomba Da’I Da’iyah, juga Panji Raksa Herwinsyah dari MIN 1 Ponorogo untuk lomba Kaligrafi, disusul  Muhammad Conan Abror S.A siswa SDMT Ponorogo untuk lomba Tartil putra dan Leni Fitria Dwi Marviatus S. dari SDN 1 Sambilawang untuk lomba Tartil putri. Sedangkan dari lomba Tahfidz, juara 1 diraih oleh Syarifah Sausan M.Z siswa SDMT Ponorogo, terakhir Olympiade MIPA, juara 1 diraih oleh Medina Kusuma Prianda siswi cantik dari SDN 1 Balong. Sedangkan juara umum tahun ini diraih oleh SD Muhammadiyah Ponorogo dengan memperoleh 6 piala.

Kegembiraan juga dirasakan salah satu pembina olympiade dari SD Wringinanom 3, dimana salah satu siswinya berhasil menjadi juara Olympiade MIPA yakni Alila  Laura Margareta, ia berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun sekaligus berjanji tahun depan akan menerjunkan lebih banyak siswanya dalam ajang lomba ini, menurutnya kompetisi ini sangat bermanfaat bagi siswa sekolah dasar selain untuk memberikan pengalaman juga sarana menimba prestasi. []

Lampiran Hasil Lomba

JENIS LOMBA JUARA  NAMA PESERTA ASAL SEKOLAH
MENYANYI JUARA 1 Tasya Ayla Fadhila SD Muhammadiyah Ponorogo
JUARA 2 Khoirunnisa Nayla Nanda Aprilia SDN 1 Bancangan
JUARA 3 Avicena Fadhil SD Muhammadiyah Terpadu
HARAPAN 1 Shofia Ayla SD Muhammadiyah Ponorogo
HARAPAN 2 Keisya Qaireen Yuwantoro SDN 1 Sedarat
HARAPAN 3 Kayisa Azkadifa Amarullah SD Muhammadiyah Ponorogo
DA’I DA’IYAH JUARA 1 Ghazy Azka Azhar SD Islam Ar Risalah Slahung
JUARA 2 Haritsa Nabilla P MI Nurul Iman
JUARA 3  Farra Sunaryanto MI Al Islamiyah Campurejo Sambit
HARAPAN 1  Ariska Briliant MI Muhammadiyah Ngunut
HARAPAN 2 Alfera Luthfi  MI Muhammadiyah Ngunut
HARAPAN 3 Stevany Candra  MI Muhammadiyah Ngunut
KALIGRAFI JUARA 1  Panji Raksa Herwinsyah MIN 1Ponorogo
JUARA 2  Annatya Eka Amalia R MI Muhammadiyah Ngunut
JUARA 3  Imroatul Munawaroh MIN 1 Ponorogo
HARAPAN 1  Nafsiatul MIM 12 Ngampel
HARAPAN 2  Wafa Fathinatu Husna MI Ma’arif Bahrul Ulum Kepuh Rubuh
HARAPAN 3  Evelyna Atalie MIN 2 Ponorogo
TARTIL PUTRA JUARA 1  Muhammad Conan Abror S.A SDMT Ponorogo
JUARA 2  Anwar Musthofa SDN Kutuwetan
JUARA 3  Ardifa Rahman Firdaus SDN 1 Wonoketro
HARAPAN 1  Abdullah Fadli Raihan SDIT Hadlonah Darussalam Gontor
HARAPAN 2  Muhammad Luqman Subekti MIS Nurul Huda Grogol
HARAPAN 3  Arva Bevis SDMT Ponorogo
TARTIL PUTRI JUARA 1  Leni Fitria Dwi Marviatus S. SDN 1 Sambilawang
JUARA 2  Lysandra Zai’matus Zakiya Mahida SD Muhammadiyah Ponorogo
JUARA 3  Aisha Aulia Husna SDN Wonoketro
HARAPAN 1  Sabdarani Auralia SD Muhammadiyah Ponorogo
HARAPAN 2  Awalia Adha Nabila Rohmani SDN 1 Bedingin
HARAPAN 3  Khairunnisa Yumna Aqilah Ismah SD Muhammidayah Ponorogo
TAHFIDZ JUARA 1 Syarifah Sausan M.Z  SDMT Ponorogo
JUARA 2  Ummi Fatichatu Zuhriyyah  MI Ma’arif Nglewan
JUARA 3  Adhe Zahra Comala  SDIT Lentera Hati
HARAPAN 1  Allea Octachanza Primadani  MIS Nurul Huda Grogol
HARAPAN 2  Khoirunnisa Nayla Nanda A  SDN 1 Bancangan
HARAPAN 3  M. Hakan Haziq  SDMT Ponorogo
OLIMPIADE MIPA JUARA 1 Medina Kusuma Prianda SDN 1 Balong
JUARA 2 Nadya Kusuma Arganingrum SDN 1 Wonoketro
JUARA 3 Muhammad Asfi Faizal Fahmi SDN 1 Bancangan
HARAPAN 1 Alila  Laura Margareta SDN 3 Wringinanom
HARAPAN 2 Jeanie Dwi Wahyu Ningrim SDN 1 Nglumpang
HARAPAN 3 Ahmad Ridlani Rahman SDN 1 Josari

Gegap gembita para praja muda karana datang ke bumi pramuka MTsN 1 Ponorogo, Minggu (01/03) dalam SCOUTHING RALLY 2nd 2020. Semangat para peserta yang diikuti oleh 28 regu pramuka dari SD/MI Se-Karisidenan Madiun dimulai dari pukul 07.00 sampai dengan 14.30. Berbagai perlombaan pramuka bagi beregu maupun individu diikuti oleh para peserta dari Lomba Pionering, Cerdas Cermat, Transfer berita pendek, Fashion Show , dan Yel-Yel.

Keseruan para peserta dan kekompakan panitia membuat ibu kepala madrasah, Nuurun Nahdiyah terharu dengan keberhasilan acaranya. Ibu kepala berharap pramuka semakin jaya pelaksanaan scouthing rally tahun depan berjalan lancar sukses kembali.

Adapun pemenang untuk scouthing rally 2nd 2020 ini di menangkan oleh MI Ma’arif Selorejo untuk JUARA 1, MI Nurul Huda untuk JUARA 2, dan MI Tarbiyatul 1 Coper untuk JUARA 3. Selamat pada para pemenang dan sampai jumpa diacara MATSAPO COMPETITION DAN SCOUTING RALLY tahun depan…

Penulis: Erfansyahliya Darmawan

Editor: Yulik Sulistiara

Blog Attachment

Leave us a Comment

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum, selamat datang di MTs NEGERI 1 PONOROGO, dengan senang hati kami siap membantu
Powered by