PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PUBLIK MTSN 1 PONOROGO, SOFT LAUNCHING PELAYANAN TERPADU SATU PINTU ( PTSP )

WhatsApp Image 2020-12-12 at 15.18.57

Rabu (16/12/2020) Di penghujung tahun 2020 dan mengawali tahun 2021 MTsN 1 Ponorogo berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan terutama kepada seluruh masyarakat luas. Hal ini terbukti dengan di resmikannya sistem pelayanan terpadu satu pintu ( PTSP ) pada hari Rabu, 16 Desember 2020 oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur, Ahmad Zayyadi. Acara yang bertempat di MAN 2 Ponorogo tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo, Syaikhul Hadi, S.Ag. M.Fil.I dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pelayanan terpadu satu pintu  ( PTSP ) merupakan sebuah inovasi dari pemerintah dalam rangka peningkatan layanan publik, memangkas birokrasi pelayanan dan sebagai upaya menciptakan good governance yang baik sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 65 Tahun 2016 tanggal 29 Desember 2016 tentang Pelayanan Terpadu Pada Kementerian Agama.

Dalam kurun waktu 2 bulan lamanya sejak diadakan in house training peningkatan layanan public berbasis PTSP pada Selasa ( 23/09/2020 ) kepada seluruh guru maupun karyawan, MTsN 1 Ponorogo mulai melakukan penyusunan tata kelola PTSP dan penataan ulang dari berbagai infrastruktur pembangunan didalamnya, maka, pada awal Desember 2020 PTSP MTsN 1 Ponorogo dapat terselesaikan dengan baik.

“Mohon do’a dan restu kepada seluruh masyarakat Ponorogo, khususnya stakeholder yang selama ini terus mendorong dan men-support MTsN 1 Ponorogo dengan baik untuk layanan yang baru saja di launching ini, yakni Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP.” Ungkap Kepala MTsN 1 Ponorogo, Nuurun Nahdiyyah KY, M.Pd.I dalam rilisnya kepada Infokom Matsapo.

Dengan mengambil motto PRIMA ( Pasti, Realistis, Inovatif, Melayani dan Akuntabel ) PTSP MTsN 1 Ponorogo memberikan 2 jenis layanan yakni layanan konsultasi baik akademik, kesiswaan maupun program-program lainnya dan layanan administrasi yang mencakup pelayanan bank, keuangan dan umum.

Saat ditemui setelah kegiatan peresmian tersebut, beliau menuturkan harapannya dengan adanya peningkatan layanan PTSP ini dapat mempercepat dan memudahkan proses pelayanan, sehingga memberikan kenyamanan bagi customer baik siswa, wali siswa, alumni maupun masyarakat luas. “Mudahan mudahan MTsN 1 Ponorogo sebagai lembaga pendidikan di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo, semakin dekat dan di cintai masyarakat.”

Sistem pelayanan terpadu satu pintu MTsN 1 Ponorogo merupakan salah satu bentuk ikhtiar menghadapi revolusi industri 5.0 dan didesain untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.

Penulis : Ulfa Khoirothun Nisa’

Editor : Yulik Sulistiara Prabawati

Blog Attachment

Leave us a Comment