PENTASYARUFAN HEWAN QURBAN HARI RAYA IDUL ADHA MTs NEGERI 1 PONOROGO

WhatsApp Image 2020-08-03 at 11.30.54

Allohu Akbar…Allohu Akbar…Allohu Akbar…

Gema takbir telah berkumandang, tanda bahwa Hari Raya Idul Adha telah tiba. Hari itulah umat Islam bagi yang mampu dianjurkan untuk berqurban. Tujuan dari berqurban tak lain adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, selain itu qurban juga bertujuan untuk mensyukuri atas nikmat yang Alloh SWT berikan kepada kita dan meningkatkan rasa sosial  kita kepada sesama.

Hikmah yang bisa kita ambil dari peringatan Idul Adha

ditengah pandemi Covid-19 diantaranya adalah pertama ketabahan dalam menghadapi pandemi seperti ketabahan Nabi Ibrahim saat diperintah oleh Alloh SWT untuk menyembelih putra kesangannya yaitu Nabi Ismail as. Hikmah kedua adalah kita seharusnya tidak mudah menyerah, pantang putus asa seperti yang dijalani oleh Siti Hajar ketika mencari air dengan berlari-lari dari bukit Sofa ke bukit Marwa yang sekarang dikenal dengan istilah Sa’I dalam ibadah haji. Hikmah ketiga, adanya pandemi Covid-19 menuntut kita untuk meningkatkan rasa solidarits sosial yang sangat tinggi, saling berbagi dan saling menolong demi ketahanan masyarakat dalam upaya meningkatkan daya tahan tubuh, dimana sangat diperlukan peningkatan gizi masyarakat dalam menanggulangi Covid-19.

Dengan mengingat dan menimbang hal-hal yang demikian itu maka Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo melaksanakan Pentasyarufan Hewan      Qurban di Hari Raya Idul Adha tahun ini, dengan menitipkan kepada panitia Pentasyarufan hewan Qurban lembaga lain dan takmir majid terdekat. Adapun pelaksanaannya bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijah 1441 M/31 Juli 2020, di Halaman MTsN 1 Ponorogo dengan disaksikan Bapak Ibu Guru  serta Karyawan MTsN 1 Ponorogo dan dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Kesiswaan, Bapak Khoirudin, M.Pd.I sebagai pembawa acara.

Acara dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan sambutan oleh Kepala Madrasah, Ibu Nuurun Nahdiyah KY, M.Pd.I. Beliau berkata “Hari Raya Idul Adha ini merupakan momentum untuk meningkatkan kwalitas ketaqwaan kita kepada Allah SWT, bahwa untuk mencapai mahabbah kepada Alllah SWT diperlukan kerelaaan dan keikhlasan.”  Selanjutnya di akhiri dengan doa oleh Ketua Panitia dari Tim Sosial Rohani MTsN 1 Ponorogo, Bapak Imam Muhtar Abadi. Jumlah hewan qurban yang dibagikan sebanyak 8  ekor. Berikut adalah 8 lembaga/masjid yang diberi amanah untuk membagikan daging hewan qurban :

  1. MI Al-Munawwaroh ( Jabung )
  2. MI Al-Jihad ( Karang Gebang )
  3. MI Abu Bakar ( Campurejo )
  4. MIN 3 Ponorogo ( Janti Slahung)
  5. MIN 6 Ponorogo ( Paju Ponorogo )
  6. MIN 7 Ponorogo ( Winong Jetis)
  7. MI Nurul Huda ( Grogol Sawoo)
  8. Mushola Darul Falah ( Tempel Jetis )

Demikian berita tentang Pentasyarufan hewan qurban di MTs Negeri 1 Ponorogo semoga bermanfaat dan berkah.. amin amin…

 

Penulis: Habibah

Editor: Nanik Linawati

Blog Attachment

Leave us a Comment