RAMADHAN BULAN SAKRAL TINGKATKAN KESHALIHAN SOSIAL DENGAN BERBAGI (MTSN 1 PONOROGO REALISASIKAN BANTUAN UNTUK SISWA TOTAL 14.5 JUTA)

IMG20210417091901

Ponorogo – Marhaban ya Ramadhan. Dibulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan ini Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ponorogo menggelar kegiatan Pemberian Beasiswa bagi siswa berprestasi dan siswa kurang mampu pada Sabtu (17/04/2021). Kegiatan yang dilaksanakan di halaman MTsN 1 Ponorogo ini menerapkan protokol kesehatan cukup ketat mengingat pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

Beasiswa berprestasi diberikan kepada siswa sebagai wujud perhatian dan penghargaan madrasah terhadap prestasi yang telah dicapai oleh siswa.  Sedangkan beasiswa kurang mampu diberikan kepada siswa sebagai salah satu wujud kepedulian madrasah untuk membantu siswa yang kurang mampu untuk meningkatkan motivasi belajar, dan meringankan beban ekonomi yang tentunya cukup berat disituasi pandemi covid -19.

Beasiswa tahap satu ini diberikan kepada lima belas  siswa berprestasi dan limapuluh dua siswa kurang mampu dengan total dana Rp. 4.590.000 bagi siswa berprestasi dan Rp.10.400.000 bagi siswa kurang mampu. “Sumber  dana didapat dari zakat profesi bapak ibu guru Karyawan sebesar 2,5%,  dan dari dana komite madrasah. Ini merupakan salah satu program madrasah” tutur Muh. Khoiruddin, waka kesiswaan MTsN 1 Ponorogo.

Beliau juga berharap semoga pemberian beasiswa ini menjadi motivasi siswa untuk terus belajar, dan tidak terkendala masalah biaya karena madrasah akan siap membantu siswa yang membutuhkan bantuan.

Senada dengan Waka Kesiswaan, Kepala Madrasah juga beharap hal yang sama. “semoga anak-anak bisa lebih semangat. Meningkatkan kualitas diri, kualitas belajar, kualitas ibadah, kualitas kehambaan, bentuknya bisa dalam berinterkasi social yang baik dirumah maupun dilingkungan sekitar, meskipun nilainya tidak seberapa semoga ini menjadi motivasi bagi anak untuk terus mengupgrade diri.” Dan program yang sudah berjalan selama lima tahun ini harus terus dilaksanakan, sebagai wujud komitmen institusi terhadap siswa berprestasi maupun kurang mampu,  Tutur Nuurun Nahdiyyah KY kepada tim infokom saat ditemui usai kegiatan.

Rasa bahagia terpancar dari raut wajah anak-anak yang hari ini dihadirkan dimadrasah untuk menerima beasiswa. Mereka tampak senang dengan adanya program ini. Hal ini dibuktikan dengan ungkapan Nera Feriska Suhana, salah satu siswa kelas 9 yang menerima beasiswa berprestasi. Menurutnya, beasiswa ini sangat membantu siswa-siswi MTsN 1 Ponorogo baik yang memiliki prestasi maupun yang kurang mampu. “Alhamdulillah, dengan bantuan ini beberapa kebutuhan saya tercukupi tanpa harus meminta pada orangtua. malah sisanya masih bisa saya tabung.” Saat ditanya mengenai harapan, Nera menjelaskan semoga program ini bisa terus berjalan sehingga dapat memberikan kesempatan siswa-siswi yang dapat mengembangkan  potensi dan bagi siswa-siswi yang kurang mampu tidak berkecil hati dengan permasalahan biaya sekolah

Leave us a Comment