RAMADHAN DAN PENGUATAN SPIRITUALITAS PESERTA DIDIK MTsN 1 PONOROGO DITENGAH PANDEMI COVID -19

WhatsApp Image 2020-05-09 at 14.49.07

 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia, datangnya bulan tersebut dinanti-nantikan oleh umat islam di dunia. Semua orang menyambutnya dengan penuh kegembiraan, jauh sebelum Ramadhan tiba kita mempersiapkan diri dengan baik. Meskipun Ramadhan kali ini jauh berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, dimana Pandemi Covid-19 menjadi tatagan terbesar dunia hari ini, namun MTsN 1 Ponorogo tetap konsisten melaksanakan program rutinnya, yaitu Pondok Ramadhan sebagai upaya peningkatan spiritualitas.

Pondok Ramadhan kali ini dilaksanakan dengan sistem daring, dimana alat digital sebagai media utama mengantarkan seluruh konten materi yang ingin di capai. Seperti yang telah dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2020 kegiatan ini dibuka oleh Kepala Madrasah Nuurun Nahdiyyah melalui Live Instagram dan berhasil menyedot perhatian 670 responden, tidak hanya dari peserta didik MTsN 1 Ponorogo tapi juga seluruh warga madrasah dan bahkan masyarakat umum. Tema Pondok Ramadhan tahun ini seperti diungkap oleh Kepala Madrasah adalah “ Dengan Pondok Ramadhan diharapkan mampu  meningkatkan kualitas Spritual, Keshalihan individual maupun keshalihan Sosial”. Pondok Ramadhan Online ini diikuti oleh siswa-siswi MTsN 1 Ponorogo yaitu kelas 7, 8 diwajibkan dan kelas  9 dihimbau untuk ikut serta,  menggunakan media daring yang ada seperti: e-learning, live instagram, group whatsapp, maupun google form.

Konten materi dari Pondok Ramdhan ini adalah kajian kitab ta’lim Muta’allim di sampaikan oleh ustadz Irfan Jauhari, Ilmu Fiqih oleh Ustadz H Imam Muhtar abadi, Ustadz Hadi Suroso,dan Ustadz Ikhwan wahono, sedangkan ilmu tajwid disampaikan oleh ustadzah Hj Supri handayani dan Ustadzah Imro’atul Mukarromah. Tujuan kegiatan rutin di Bulan Ramadhan ini ialah menguatkan dan meyakinkan pengetahuan tentang keagamaan di bulan Ramadhan .dimulai dari memahami adab sebagai murid dan taat cara menuntut ilmu, kajiab fiqih menyangkut thaharah, fashalatan, zakat Puasa dan Haji serta ilmu – ilmu yang mendukung kemampuan baca tulis Al Qur’an. Selain materi tersebut juga dilaksanakan Tadarus online melalui live langsung instagram dari siswa siswi kelas tahfidz .

Acara Pondok Ramadhan disambut dengan antusias oleh seluruh siswa, terbukti dengan banyaknya akun yang bergabung saat live instagram baik saat pemberian materi maupun tadarrus yakni sekitar rata – rata 294 viewer saat live instagram.

Adanya Pondok Ramadhan ini semoga dapat memberikan pengaruh yang besar untuk siswa – siswi MTsN 1 Ponorogo pada khususnya. “ Harapan untuk Pondok Ramadhan ialah, bahwa dari kegiatan ini ada peningkatan kualitas pemahaman ibadah, anak-anak semakin memahami pengetahuan tentang fiqih, ilmu tajwid, dan nilai-nilai yang lain, dan diharapkan juga mampu memberikan kemanfaatan atas waktu khususnya dalam pandemi Covid-19 ini, ” ungkap kepala MTsN 1 Ponorogo ibu Nuurun Nahdiyah.

 

Penulis: Dwi Habibah

Edior   : Yulik Sulistiara

Blog Attachment

Leave us a Comment

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum, selamat datang di MTs NEGERI 1 PONOROGO, dengan senang hati kami siap membantu
Powered by