UMBK 2020 MTsN 1 Ponorogo

download (2)

UMBK MTsN 1 Ponorogo telah diselenggarakan selama seminggu berturut-turut mulai tanggal 13-18 April 2020 dengan 12 mata pelajaran. Ada yang berbeda dengan pelaksanaan UMBK Madrasah tahun ini. Bukan tanpa alasan, UMBK dilaksanakan ditengah wabah pandemic Covid-19. Dampak perpanjangan belajar di rumah mulai dari tanggal 23 Maret sampai 2 Mei 2020 disertai dengan instruksi Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan juga melaksanakan tugas dari rumah menuntut penggunaan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan efisien. Sepakat, UMBK dilaksanakan  secara daring. Pada prinsipnya untuk menghindari pengumpulan siswa secara fisik di sekolah guna mendukung kebijakan pemerintah untuk mencegah mewabahnya virus corona.

UMBK MTsN 1 Ponorogo tahun 2020 diikuti oleh 271 Siswa. Persiapan yang matang dalam pelaksanaan UMBK MTsN 1 Ponorogo dimulai dari menyiapkan 1 server beserta aplikasi ujian berbasis Komputer yang kemudian dihubungkan ke Jaringan Global  / Internet. Perangkat Server dikendalikan oleh 8 Orang proktor untuk memanage proses ujian di masing-masing sesi. Yang sebelumnya telah disosialisasikan kepada peserta ujian untuk menyiapkan salah satu perangkat bisa Laptop/HP yang bisa terhubung ke jaringan Internet. Setiap peserta diwajibkan login/memulai ujian sebagaimana sesi yang telah ditetapkan.

Daroini selaku tim Proktor UMBK MTsN 1 Ponorogo mengungkapkan, “Keunggulan UMBK daring ini, Madrasah tidak perlu repot-repot menyediakan perangkat Komputer dalam jumlah besar, lebih efisien biaya dan waktu. Juga hasil Ujian bisa  diketahui  langsung  setelah sesi ujian selesai.” Meski begitu, ada beberapa kendala teknis yang harus dihadapi diantara, “Karena jarak jauh ketika ada siswa yang mengalami kendala, proktor agak kesulitan dalam memberikan arahan/petunjuk, beberapa kasus paket data habis ditengah jalan ketika sedang melaksanakan ujian, Internet Telkom down sehingga server tidak bisa diakses jarak jauh”, imbuhnya. Dan, hasil UMBK daring MTsN 1 Ponorogo tahun 2020 lebih baik/meningkat bila dibandingkan dengan pelaksanaan CBT di dalam LAB. (Tim Jurnalistik)

Leave us a Comment

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum, selamat datang di MTs NEGERI 1 PONOROGO, dengan senang hati kami siap membantu
Powered by