SAMBUT TAHUN AJARAN BARU 2023, MTSN 1 PONOROGO GELAR WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Karanganyar(26/6) – Dalam rangka meyambut kurikulum merdeka, MTsN 1 Ponorogo menggelar workshop Implementasi Kuirkulum merdeka bagi tenaga pendidik dan kependidikan. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari yakni dimulai pada Ahad (26/06/2022) dan berakhir pada Rabu (29/06/2022). Workshop ini dibuka oleh Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo, Syaikhudin Nasir. dalam prakatanya, beliau menegaskan bahwa workshop ini penting karena salah satu upaya untuk menyambut dan mempersiapkan kurikulum merdeka bagi tenaga pendidik dan kependidikan sehingga memiliki kualitas yang baik sehingga mampu mengantarkan peserta didik menjadi generasi bangsa yang merdeka dan berkualitas.

“Inti dari penguatan implementasi kuirkulum ini adalah kebersamaan, kerjasama antar seluruh komponen yang ada dimadrasah. Yang mana, seluruhnya saling memahami fungsi dan tupoksi masing-masing.” Tegasnya.

Kurikulum Merdeka sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembalajaran tahun. 2022 s.d. 2024. Kurikulum Merdeka sebagai opsi pemulihan pembelajaran
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan sebagai opsi tambahan dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. 

Hadir dalam pemateri ini adalah tim Hafecs TMF dengan mengisi paradigma, filosofi dan latarbelakan kurikulum merdeka, pembelajaran dengan paradigma baru dengan mendesain capaian pembekajaran. Kepala MTsN 1 Ponorogo, Nuurun Nahdiyyah juga memberikan materi terkait capacity building. “Agar sebuah organisasi dapat berkembang dan dapat terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan organisasi, pembangunan kapasitas (capacity building) SDM menjadi hal yang mutlak harus berjalan dengan baik.” Dalam rilisnya kepada tim Infokom usai mengisi materi.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari di Agrowisata Amanah Jl. Raya Solo-Tawangmangu KM 34, 3 Karangwetan Karang, Karangpandan, Karanganyar ini juga memberikan fasilitas outbound bagi seluruh guru dan karyawan MTsN 1 Ponorogo guna membangun kerjasama tim yang baik agar tercapai tujuan madrasah. Seluruh peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung selama kuranglebih empat jam ini. “sangat berkesan. Banyak ilmu baru mengenai kurikulum merdeka. Membangun kekompakan, kerjasama tim dan tentu saja menjalin keakraban. Terimakasih tim dari Amanah, juga MTsN 1 Ponorogo tentu saja.” Kesan Ulfa, salah satu peserta workshop dan outbound.

Kegiatan workshop ini dilanjutkan dengan materi bedah kurikulum dan KTSP, merancang assesmen merdeka, interkoneksi CP, ATP, TP kegiatan pembelajaran yang bertempat dimadrasah.

Do the best and be better!