RESOLUSI JIHAD: PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DAN HARI SANTRI KE-7

Ponorogo – 22 Oktober 2022 menjadi hari yang bersejarah bagi madrasah yang tengah berikhtiar menyelesaikan proses pembangunan ma’had atau boarding school madrasah. Ya, MTsN  1 Ponorogo hari ini Jum’at (14/10/2022) menggelar kegiatan penguatan motivasi spiritual dan mujahadah bagi seluruh peserta didik. Bertempat di lapangan utama madrasah, kegiatan ini menerapkan protocol kesehatan sebagai salah satu wujud ketaatan pada aturan Pemerintah.

Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober merupakan suatu bentuk pengakuan resmi Negara terhadap komitmen, dedikasi, dan perjuangan umat Islam Indonesia dalam memperjuangkan cita-cita Kemerdekaan Indonesia. Peringatan ini ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 di masjid istiqlal.

Kegiatan peringatan Maulid Nabi sebagai salah satu bentuk kecintaan terhadap suri tauladan umat manusia, yakni Nabi Muhammad SAW untuk senantiasa meneladani sifat-sifat beliau. Sedangkan peringatan hari santri yang dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk melakukan muhasabah bagi seluruh siswa, memperbaiki kualitas kehambaan sebagai seorang pelajar, dan mengingat patriotisme santri.

“Mengapa kita perlu memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan hari santri nasional? Bagi anak-anakku kelas 7, ini merupakan salah satu bentuk penerapan P5P2R (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin). Kemudian juga untuk meningkatkan kualitas kehambaaan kita dengan meneladani uswah hasanah kita, Nabi Muhammad.” Tutur Kepala MTsN 1 Ponorogo, Ibu Nuurun Nahdiyyah dalam sambutannya pada kegiatan tersebut.

Saat disinggung mengenai harapan, Ibu Nuurun Nahdiyyah berharap kegiatan ini dapat menambah kecintaan anak-anak kepada Bangsa & Nagara ( Hubbul Wathon ). Pihaknya juga berharap, anak-anak dapat memperhatikan dengan baik, dilaksanakan dengan penuh penghayatan.

Bertindak sebagai pengisi ceramah, yakni Kyai Muhammad Nurus Sholihin. Al-Hafidz dari Pondok Miftahul Hidayah Ngunut Babadan Ponorogo. Beliau memotivasi dan mengajak anak-anak untuk terus memperbaiki dirinya sebagai seorang santri dan generasi penerus perjuangan Bangsa Indonesia.

“Luarbiasa MTsN 1 Ponorogo. Melaksanakan kegiatan ini, yang diawali dengan Sholat Dhuha, Istighosah, dalam rangka penguatan karakter. Kegiatan outdoor ini, mudah-mudahan membawa keberkahan bagi kita semua. Siraman rohani yang disampaikan oleh Ustadz Nurus Sholihin, menambah ghiroh belajar, semoga anak-anak menjadi anak-anak yang sholih dan sholihah, keluarga besar MTsN 1 Ponorogo dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, membangun negara melalui pendidikan di MTsN 1 Ponorogo.” Bapak H. Marjuni, kasi pendma Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Selain itu, dalam kegiatan ini MTsN 1 Ponorogo juga memberikan penghargaan kepada siswa dan siswi berprestasi, dan bantuan pendidikan bagi siswa yang menjadi program rutin Madrasah.Selamat Hari Santri Nasional 2022!