MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) DARING WARNAI AWAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022 MTSN 1 PONOROGO

Ponorogo – Ditengah PPKM Darurat yang berlangsung hingga Selasa (20/07/2021) mengharuskan madrasah ramah anak, MTsN 1 Ponorogo untuk menggelar matsama ( Masa Ta’aruf Siswa Madrasah ) secara daring pada Senin (12/07/2021) daan berakhir pada Rabu (14/07/2021) melalui aplikasi zoom meeting dan channel youtube MTsN 1 Ponorogo.

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah, merupakan masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan madrasah kepada peserta didik baru. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter khusus Madrasah kpd peserta didik baru, menumbuhkan kultur dan jiwa bangga kpd peserta didik untuk belajar bersama dan mencintai serta menjaga nama baik Madrasah dan menanamkan dan memperkuat nilai” Moderasi beragama dan karakter ke Indonesia-an.

“Harapannya, dengan mengikuti MATSAMA ini akan bertambah pengetahuan peserta didik baru tentang lingkungan dan karakter madrasah, kemudian tumbuh jiwa bangga terhadap almamaternya, dapat memahami nilai” moderasi beragama dan cinta ilmu dan semangat belajar dg tetap menjaga kesehatan.” Ujar Muh. Khoiruddin, Ketua Pelaksana Matsama 2021.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut menanamkan dan memperkuat nilai moderasi beragama dan kesetaraan peran antara laki-laki dan perempuan kepada peserta didik melalui materi yang disampaikan oleh Kepala MTsN 1 Ponorogo, Nuurun Nahdiyyah.

“Anak-anakku, ahlan wa sahlan di madrasah tercinta. Semoga dengan kegiatan Matsama ini, kalian bisa mengenal budaya, program, pendidik dan tenaga kependidikan lebih dalam. Matsama ini harus dilakukan dengan baik, semangat dan keyakinan bahwa kalian akan dipertemukan dengan kawan-kawan hebat sehingga akan tercapai pada level tafahhum dan tahabbub pada seluruh komponen madrasah dengan penuh penghayatan dan komitmen yang tinggi. Saya juga berharap ditengah pandemi ini, anak-anak tetap menjaga imun, menjaga kesehatan, tetap dirumah dan mari saling menjaga.” Tutur Nuurun dalam sambutannya pada kegiatan pembukaan matsama.

Selain moderasi beragama, pengenalan lingkungan belajar ( branding madrasah ) oleh waka humas, Nanik linawati. Kegiatan pembelajaran, struktur tenaga pendidik dan kependidikan oleh waka kurikulum, Widodo Setyawan dan kegiatan kesiswaan meliputi ekstrakurikuler dan prestasi oleh Waka kesiswaan, Muh. Khoiruddin.

Seluruh rangkaian kegiatan matsama bersifat edukatif, menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kepada peserta didik. Madrasah juga menghadirkan tenaga kesehatan yang memberikan materi mengenai pentingnya menjaga kesehetan diera pandemic, psikolog yang seklaigus dosen IAIN Ponorogo mengenai anti diskriminasi ( anti bullying dan kekerasan anak ). (UKN)

Tak kenal maka ta’aruf.

Ahlan wa sahlan, anak-anak hebat bermartabat.