PERINGATI HARI RAYA IDUL ADHA 1442H, MTSN 1 PONOROGO TASYARUFKAN HEWAN QURBAN

Ponorogo – Ditengah kondisi PPKM se-Jawa-Bali yang masih berlangsung, MTsN 1 Ponorogo tetap melaksanakan peringatan hari raya Idul Adha 1442 H namun dengan cara yang berbeda yakni dengan mentasyarufkan hewan qurban kepada saudara-sudara yang berhak menerima qurban tersebut. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta dilaksanakan dengan sangat terbatas.

Dengan mengusung tema “Menjadikan Idul Adha Sebagai Sarana Peningkatan  Keimanan Dan Ketaqwaan Melalui Berbagi”, penyerahan hewan qurban dilaksanakan pada Senin (19/07/2021) di lapangan utama MTsN 1 Ponorogo.

Pentasyarufan hewan qurban menjadi program rutin yang di lakukan oleh madrasah setiap tahunnya. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi sebuah bentuk latihan berkurban bagi seluruh siswa-siswi madrasah. Tidak hanya itu, berkurban juga dilaksanakan sebagai bentuk syukur atas rezeki yang diberikan Allah sehingga seluruh warga madrasah selalu merasa dekat dengan sang pencipta. Allah, Rabb seluruh alam.

“Hari ini madrasah mentasyarufkan amanah dari anak-anak kita, kelas 7, 8 dan 9 yakni 10 kambing kepada saudara-saudara kita yang berhak menerima. Terimakasih atas latihan kurban kalian, semoga menjadi amal ibadah, tercatat sebagai amal shalih kalian yang nantinya akan menjadi penolong di akhirat kelak.” Tutur Nuurun Nahdiyyah, kepala MTsN 1 Ponorogo dalam sambutannya.

Tahun ini, MTsN 1 Ponorogo mentasyarufkan 10 kambing kepada orang-orang yang berhak menerima kurban tersebut. Melalui live streaming akun instagram @mtsn1_ponorogo, Nuurun berpesan untuk tetap menjaga diri dan menjaga kesehatan ditengah pandemi Covid-19 ini.

“Saya berpesan kepada anak-anak semua, jaga diri dan jaga kesehatan. Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H. Semoga kegiatan ini menjadi sebuah program unggulan madrasah yang terus konsisten bisa kita laksanakan setiap tahunnya. Aamiin.”

Bukan kambing yang menjadi esensi qurban, melainkan tawadhu’ dan keikhlasan. Maka, itulah makna qurban yang sesungguhnya. Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H, Eid Al-Adha Mubaarak.