RUANG INSPIRATIF MTSN 1 PONOROGO EPISODE 2 “SUARA ANAK BANGSA”

Ponorogo – MTsN 1 Ponorogo memulai awal tahun baru Hijriyah ini dengan penuh semangat menggelora yakni dengan diadakannya kegiatan bertajuk suara anak bangsa melalui live streaming youtube akun mtsn 1 ponorogo dan aplikasi zoom meeting yang diikuti 200 lebih peserta dari kelas 7, 8 dan 9 serta seluruh bapak ibu guru dan karyawan MTsN 1 Ponorogo pada Sabtu (14/08/2021).

Setiap tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan hari ulang tahun atau kemerdekaan negara. Tahun ini, usia Indonesia sudah 76 tahun sejak pertama kali memproklamasikan kemerdekaan pada tahun 1945.Kegiatan ini digelar dalam rangka merefleksi HUT Kemerdekaan RI yang ke-76 guna menanamkan semangat Nasionalisme bagi seluruh peserta didik MTsN 1 Ponorogo.

“Alhamdulillah, hari ini channel youtube kita berhasil mengadakan ruang inspiratif episode 2. Hari ini kita harus mengisi HUT RI dengan perubahan-perubahan. Tasbih kita adalah perubahan, wirid kita adalah bergerak dan bermanfaat bagi Bangsa melalui pendidikan. Maka, saya mengajak seluruhnya untuk muhasabah di HUT RI ke-76 ini, melalukan perubahan dari diri kita sendiri, perubahan besar pasti dimulai dari perubahan kecil. Mimpilah setinggi langit, anak-anakku. Semangat Kemerdekaan, semangat perubahan!.” Tutur Nuurun Nahdiyyah Karunia Yuliastin dalam motivasinya saat refleksi HUT RI ke-76 sebagai Agen Perubahan Zona Integritas Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri-pemateri luar biasa diantaranya Dawam Multazamy Rahmatullah, yang merupakan alumni madrasah dan saat ini berstatus sebagai Mahasiswa Doktoral Utrecht University Netherlands membahas papernya yang bertajuk Remaja Millenial dan Spirit Kemerdekaan.

Selain itu, madrasah juga menghadirkan Dr. Abid Rohmanu, M.HI, yang merupakan Dosen Pasca IAIN Ponorogo dan Alumni MTsN Jetis Angkatan 1992. Dr. Abid menyampaikan materi terkait Refleksi Hari Kemerdekaan HUT RI ke-76 sebagai Alumni Madrasah dan Peran Kebangsaan.

Selain kedua pemateri hebat tersebut, MTsN 1 Ponorogo juga menghadirkan alumni Alumni MTsN Jetis angkatan 2013 yang kini sudah menjadi dokter muda yakni dr. Wazna Rosyidatul Ahsanti, putri terbaik madrasah menjadi dokter.

Seluruh siswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terlihat dari beberpaa pertanyaan yang dilontarkan siswa kepada pemateri, terlebih madrasah menyiapkan doorprize senilai Rp. 1.000.000 bagi siswa yang bisa menebak lagu Nasional yang dinyanyikan oleh tim musik.

Kegiatan yang sudah lebih dari 2.642x ditonton ini diharapkan menjadi charge bagi semangat Nasionalisme anak-anak sehingga dapat terwujud generasi Bangsa yang cinta tanah air.

Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga

Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan

Kemerdekaan bukan sekedar ritual belaka

Tetapi ajang membangun Bangsa

Tak peduli anda siapa dan berada dimana

Merah darah akan terus berkobar

Selamat HUT Kemerdekaan RI ke-76. Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh!