PEMILU RAYA MTSN 1 PONOROGO, WUJUD SEMANGAT SUMPAH PEMUDA

Ponorogo – senin ( 25/10/2021 ) dilaksanakan kegiatan pembukaan pemilu raya pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM masa bakti 2021/2022. Kegiatan dilaksanakan selama  dua hari mulai senin ( 25/20/2021 ) hingga selasa ( 26/10/2021 ). Kegiatan pembukaan dimulai pukul 07.30 kemudian dilanjutkan dengan orasi penjabaran visi dan misi tiap paslon. Dan ditutup dengan Tanya-jawab program oleh waka kesiswaan MTsN 1 Ponorogo.

Organisasi Siswa Intra Madrasah ( OSIM ) merupakan suatu organisasi yang berada di tingkat Madrasah di Indonesia. OSIM adalah satu-satunya organisasi siswa yang resmi di madrasah. Oleh karena itu, setiap madrasah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM), yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan organisasi kesiswaan di madrasah lain dan tidak menjadi bagian atau alat dari organisasi lain yang ada di luar madrasah.

Muh. Khoiruddin, selaku waka kesiswaan MTsN 1 Ponorogo menegaskan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka mengajarkan pada peserta didik untuk berlatih bersikap demokratis sehingga penanaman sikap sejak dini ini diharapkan mampu berkembang saat nanti telah terjun dimasyarakat. “semoga kegiatan ini menumbuhkan sikap demokratis pada diri setiap peserta didik MTsN 1 Ponorogo.” Tuturnya dengan penuh harap.

Sistem penerimaan anggota OSIM digelar secara offline. Sebelum diadakan pemilihan tersebut, sebelumnya telah dilaksanakan tes tulis maupun lisan kepada seluruh peserta yang telah mendaftarkan diri. Untuk pemilihan ketua OSIM sendiri dengan menggunakan aplikasi E-Vote pada sejumlah computer yang telah disiapkan ditempat pemilos. Tercatat sebanyak 704 pemilih dari 930 daftar pemilih tetap menggunakan hak pilihnya dalam Pemilos tahun ini.

Dari ketiga paslon yakni Nurika-Navylian, Ryan-Tara seta Farisha-Dani, masing-masing mendaptkan suara 311, 193 dan 256. Dengan begitu, paslon nomor urut 1 atas nama Nurika-Navylian dinyatakan sebagai pemenang suara terbanyak. Atau terpilih menjadi calon ketua OSIM MTsN 1 Ponorogo masa bakti 2021/2022.

“Menang kalah itu soal lain, yang terpenting adalah pembelajaran demokratisasi. Terimakasih enam anak-anakku yang telah berani ikut kontestasi ini. Bunda bangga pada kalian. Selamat mengembang amanah, semoga selalu diberikan kemudahan dalam kepemimpinan kalian.” Ungkap kepala MTsN 1 Ponorogo, Nuurun Nahdiyyah yang ditemui secara online melalui media whatsapp yang tengah mengantarkan kontingen Porseni MTs Kab. Ponorogo ditingkat Provinsi Jawa Timur.

“Terimakasih atas kepercayaan dan dukungan dari teman-teman. Semoga nanti bisa membawa OSIM MTsN 1 Ponorogo semakin jaya.” Nurika, calon ketua OSIM terpilih masa bakti 2021/2022.Kedewasaan dimulai dari sikap menerima tanggungjawab. Keep steping!