RESOLUSI JIHAD: PENGUATAN MOTIVASI SPIRITUAL DAN MUJAHADAH

Ponorogo – 22 ktober 2021 menjadi hari yang istimewa bagi madrasah yang tengah berikhtiar untuk membangun asrama ( pesantren ) bagi siswa di lingkungan madrasah. Ya, MTsN  1 Ponorogo hari ini (22/10/2021) menggelar kegiatan penguatan motivasi spiritual dan mujahadah bagi seluruh peserta didik. Bertempat di lapangan utama madrasah, kegiatan ini menerapkan protocol kesehatan yang ketat yakni dengan pengecekan suhu tubuh, memakai masker dan mencuci tangan sebagai salah satu wujud taat pada aturan Pemerintah.

Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober merupakan suatu bentuk pengakuan resmi Negara terhadap komitmen, dedikasi, dan perjuangan umat Islam Indonesia dalam memperjuangkan cita-cita Kemerdekaan Indonesia. Peringatan ini ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 di masjid istiqlal.

Kegiatan peringatan hari santri yang dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk melakukan muhasabah bagi seluruh siswa, memperbaiki kualitas kehambaan sebagai seorang pelajar, dan mengingat patriotisme santri.

“Ini merupakan sebuah momentum untuk mengingatkan anak-anak, bahwa kemerdekaan ini tidak lepas dari perjuangan peran seorang santri dalam memperjuangkan NKRI tentu saja.” Tutur Kepala MTsN 1 Ponorogo, Nuurun Nahdiyyah yang ditemui usai kegiatan penguatan motivasi tersebut.

Berlaku sebagai motivator, Dr.Harisul Wathoni, M.Ag. seorang dosen IAIN Ponorogo sekaligus motivator yang berasal dari desa Gandu, Mlarak, Ponorogo. Haris, begitu biasa beliau disapa menyampaikan bahwa indikasi santri yang baik merupakan yang saliimul ‘aqli, saliimul jismi,saliimur ruuhi ( Memiliki kekuatan akal, kekuatan jiwa dan kekuatan raga ). Beliau juga memotivasi dan mengajak anak-anak untuk terus memperbaiki dirinya sebagai seorang santri dan generasi penerus perjuangan Bangsa Indonesia.

“Selamat Hari Santri Nasional 2021. Semoga Santri siaga jiwa raga khususnya ditengah pandemic Covid-19 ini. Semangat dan kolaborasi santri untuk mengabdi kepada negeri dan Ilahi Rabbi.” nuurun Nahdiyyah penuh harap.

Selamat Hari Santri Nasional 2021Santri siaga jiwa raga