BOARDING SCHOOL (MAHAD) MTSN 1 PONOROGO RESMI DIBUKA!

Ponorogo – Tahun 2022, menjadi tahun bersejarah bagi madrasah tsanawiyah negeri 1 ponorogo. Pasalnya tahun ini madrasah yang berada di Jetis, Ponorogo ini membuka program yang telah lama dinantikan oleh lapisan masyarakat, yakni program Boarding School. Rabu (30/3/2022) kepala MTsN 1 Ponorogo, membuka program ini di masjid Alfataa, dengan menghadirkan wali santri yang putra-putrinya akan mengikuti program ini.

Boarding school merupakan sistem pendidikan yang menyediakan tempat tinggal berupa asrama bagi para siswa. diharapkan dengan adanya program ini, santri akan memperoleh pendidikan yang bermutu dan mengintegrasikan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan kecakapan hidup. Pada dasarnya, boarding school adalah suatu sistem madrasah yang memiliki asrama, sehingga siswanya tidak hanya belajar di madrasah itu, melainkan juga bertempat tinggal atau bermukim di madrasah tersebut.

Sebanyak 26 santri dari program kelas unggulan Tahfidz mengikuti program ini selama 10 hari yang berlangsung sejak Rabu (30/3/2022) dan akan berakhir pada Sabtu (9/04/2022). Selama mondok, santri mendapatkan materi yang beragam diantaranya kajian kitab al-ibriz, ta’lim muta’allim, motivasi menghafal Al-Qur’an dan hikmah Ramadhan, setoran hafalan dan muraja’ah serta tadarus Al-Qur’an. Kegiatan dimulai dengan qiyamul lail pada pukul 03.00 dan berakhir pada pukul 21.00 setelah tadarus Al-Qur’an.

“Bismillahirrahmanirrahiim..semoga program ini mejadikan madrasah peradaban, yang siap dan akan terus mengawal siswa-siswi sukses duniawi maupun ukhrawi.” Tutur Nuurun, kepala MTsN 1 Ponorogo dalam sambutannya membuka program boarding school.

Kegiatan pembukaan yang berlangsung selama satu jam tersebut berjalan dengan sangat hikmat, terlihat wali santri begitu ikhlas melepas putra-putri tercinta untuk bermukim dimadrasah. Wafiq, salah satu santri yang mengikuti program ini berharap bisa mendapat ilmu yang bermanfaat selama mondok. “semoga krasan dan bisa dapat ilmu yang manfaat dan barokah dari ustadz dan ustadzah. Aamiin”. Kedepannya, madrasah yang telah mendapatkan dana SSBN untuk membangun madrasah berasrama ini akan menuntaskan pembangunan pada tahun 2023, sehingga pada tahun 2024 ma’had madrasah sudah bisa beroperasi dengan baik. Mengingat anime masyarakat yang cukup tinggi untuk segera menitipkan putra putrinya di ma’had MTsN 1 Ponorogo.